Kabar Gribig

REFRESHING KADER POSYANDU I TAHUN 2023

Selasa (30/05) Puskesmas Gribig melaksanakan refreshing kader posyandu. Refreshing kader posyandu adalah kegiatan peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader sehingga kader dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pegunjung posyandu. Adapun materi yang diberikan pada refreshing kader kali ini yaitu 25 keterampilan kader dan skrining penyakit tidak menular.

Materi 25 keterampilan kader diisi oleh staf Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Malang, Andy Juniar, S.KM. 25 keterampilan kader adalah keterampilan yang harus dimiliki kader yang terbagi menjadi lima jenis yaitu pelayanan bagi ibu hamil dan nifas/menyusui, bayi dan balita, usia sekolah/remaja, usia produktif dan lansia, serta pengelolaan posyandu. Sementara mengenai skrining penyakit, diisi oleh Koordinator Pelayanan Penyakit Tidak Menular, Ari DKL, A.Md.Kep. Materi skrining kesehatan yaitu mengenai mengenai cara melakukan skrining penyakit tidak menular yang tepat serta upaya-upaya yang perlu dilakukan jika ditemukan kasus penyakit tidak menular di posyandu.

Semoga dengan dilaksanakan refreshing kader posyandu, kader menjadi lebih terampil dan maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan. Sehingga terwujud harapan angka kematian ibu dan bayi, stunting, serta kasus penyakit menular dan tidak menular dapat terkendali.

-ifk