Kabar GribigTak Berkategori

AYO! DATANG KE POSYANDU DI BULAN AGUSTUS

Halo Ayah/Bunda. Yuk ajak anak ke posyandu karena di bulan Agustus ini, selain diukur berat badan dan tinggi badannya, anak akan mendapatkan vitamin A dan imunisasi Campak-Rubella (MR). Semua pelayanan gratis, aman, dan berkualitas. Cukup membawa buku KIA dan fotocopy kartu keluarga (KK).

Tahukah Yah/Bun, pengukuran berat dan tinggi badan pada si kecil sangat penting. Dari pengukuran tersebut Ayah/Bunda dapat mengetahui status gizi dari si kecil, di mana status gizi menentukan status kesehatan anak. Status gizi yang baik memungkinkan anak tumbuh secara optimal, baik pertumbuhan fisik maupun perkembangan kognisi. Sebaliknya status gizi kurang dapat menyebabkan berbagai dampak seperti keterlambatan kemampuan motorik, daya tahan tubuh menurun, terhambatnya pertumbuhan fisik dan otak. Maka dari itu berat dan tinggi badan anak harus selalu dipantau. Ayo kunjungi posyandu karena pertumbuhan dan perkembangan si kecil akan lebih terpantau.

Sementara itu bulan Agustus merupakan bulan pemberian vitamin A. Pada bulan ini di posyandu bayi usia 6-59 bulan akan diberikan vitamin A. Vitamin A/retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Pemberian vitamin A juga diharapkan mampu mencegah penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin A seperti rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea, dan kebutaan.

Bersamaan dengan bulan timbang dan bulan vitamin A, pemerintah juga mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan campak-rubella (MR). Pemberian imunisasi ini tidak melihat status pemberian imunisasi MR sebelumnya, sehingga setiap anak usia 9-59 bulan, yang sudah atau belum menerima imunisasi MR sebelumnya akan mendapatkan tambahan imunisasi ini. Adapun manfaat pemberian imunisasi MR yaitu mencegah penularan penyakit campak dan rubella yang dapat menyebabkan radang otak dan paru, kebutaan, kurang gizi, kecacatan dan kematian pada janin dalam kandungan ibu yang tertular rubella.

Ayo Ayah dan Bunda, kunjungi posyandu dan dapatkan pelayanan pengukuran tinggi dan berat badan, pemberian vitamin A, dan imunisasi MR. Pelayanan berkualitas, aman, dan gratis.

#BulanImunisasiAnakNasional #BIAN #PerilakuHidupBersihDanSehat #PHBS #GerakanMasyarakatHidupSehat #GERMAS